Kimdepok.com - Koperasi Warga Tugu Mandiri (KWTM) Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis, Depok, menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2016 untuk periode 2015. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kelurahan Tugu, Selasa (29/3/16).

RAT KWTM tahun 2016 ini mengangkat tema "Dengan Koperasi Kita Wujudkan Kesejateraan Anggota".

Turut hadir dalan acara RAT ini diantaranya, Lurah Tugu Drajat Karyoto, pewakilan dari Dinas Koperasi Kota Depok Mardani, perwakilan pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok Firman, Ketua LPM Tugu Edy D Iswanto, serta anggota KWTM.

Ketua KWTM Waridjan menyampaikan dalam sambutannya, salah satu agenda penting dalam RAT ini adalah pemilihan pengurus dan pengawas untuk periode 2016 - 2018.

Dikatakan, sepanjang tahun buku 2015, di tengah tantangan dan hambatan yang semakin menjadi, semua fungsionaris telah bekerja keras, untuk merealisasikan rencana strategis jangka pendek, yang telah disepakati pada RAT tahun lalu.

"Dalam RAT ini diharapkan bisa mengemukakan saran, ide, maupun kritikan, agar koperasi kita ini lebih maju dan berkembang lebih baik lagi. Inilah kesempatan yang baik yang bisa di manfaatkan oleh anggota," katanya.

Lurah Tugu, Drajat Karyoto mengapresiasi dengan telah berjalan dengan baik koperasi yang berbasis di Kelurahan Tugu. Menurut dia, ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan maksimal oleh masyarakat Tugu dan anggota koperasi agar bisa menjadi sejahtera.

"Selama saya menjabat di 4 kelurahan,  baru di Kelurahan Tugu ada koperasi di lingkungan kelurahan yang berjalan dengan baik. Hal ini harus kita apresiasi dan support oleh seluruh warga dan masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Tugu. Koperasi merupakan salah satu pemberantas riba' dan rentenir karena koperasi Soko Guru nya perekonomian kerakyatan," ujar Drajat.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Koperasi Kota Depok, Mardani mengungkapkan, RAT merupakan kesempatan emas untuk merefleksi dan mengevaluasi diri, sejauh mana tingkat kesadaran, peran dan tanggung jawab baik sebagai fungsionaris, maupun sebagai anggota.

"RAT hendaknya dilihat sebagai moment pendidikan, saling meneguhkan, saling memperkaya pemahaman tentang peran dan fungsi kita masing masing sebagai anggota Koperasi Warga Tugu Mandiri ini. Selain itu RAT merupakan amanah dari undang undang perkoperasian dan merupakan forum tertinggi dalam perkoperasian. Maka dari itu manfatkanlah dengan sebaik baiknya," tutupnya.
(Meriawan/Kim Cimanggis)