Warga Kelurahan Tugu Cimanggis Tetap Jaga Solidaritas dengan Gotong Royong

Depok - Kerja bakti atau disebut juga dengan gotong royong adalah suatu kegiatan sosial yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Tak hanya bagi masyarakat pedesaan, namun masyarakat perkotaan juga menjadikan kerja bakti sebagai salah satu bentuk upaya menciptakan harmonisasi kehidupan bertetangga dan bermasyarakat.

Namun semakin kuatnya pengaruh era modern di masyarakat perkotaan, memunculkan sikap individualistik yang lebih dominan, sehingga budaya kebersamaan antar-warga melalui kegiatan gotong royong semakin memudar.

Pada era modern ini, tidak terjadi di wilayah RT 03/06 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, yang merupakan walayah perkotaan.
Warga RT 03/06 melalui ketua RT dan Ketua Karang Taruna setempat terus memelihara rasa solidaritas dan kebersamaan warga di lingkungannya.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah melalui kerja bakti membantu pengecoran rumah salah satu warga, Minggu (22/5/2016).

Ketua RT 03/06, mengatakan kerja bakti dalam membantu warga dengan bergoyong royong di wilayahnya terus digalakkan, agar sikap solidatitas tetap terjaga dan silahturahmi antar warga terus berjalan.

"Contoh hari ini, warga berbondong - bondong membantu keluarga bapak Sudiro pengecoran rumahnya. Walau tanpa di bayar, warga tetap antusias membantu. Sikap kegotong royongan ini tetap terjaga hingga saat ini," ujarnya.

Sementara itu, ketua Karang Taruna RT 03/06, Rino Setiawan mengungkapkan, keikutsertaan Karang Taruna dalam berbagai kegiatan dilingkungan merupakan pembelajaran dalam menjaga rasa Kesetiakawanan Sosial.

"Karang Taruna merupakan wadah para pemuda yang bersifat setia kawan dan sosial. Kami terus menjaga marwah ini dengan melakukan atau mengikuti kerja bakti seperti yang dilakukan di keluarga pak Sudiro ini," katanya.

“Kerukunan dan solidaritas sebuah masyarakat tak terlepas dari perilaku dan peran serta pemudanya dalam menciptakan harmonisasi dilingkungan masyarakat, karena perilaku pemuda turut mencerminkan perilaku lingkungan masyarakat disebuah kawasan penduduk," tutup Rino.
(Meriawan)