depok.go.id – Kasus Demam Berdarah (DBD) masih menjadi penyakit yang cukup ditakuti masyarakat pada umumnya. Penyakit DBD ini akibat dari kondisi lingkungan dan bisa karena perilaku masyarakat sendiri. Demikian dikatakan Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Agus Gozali.
“Di lingkungan rumah agar nyamuk tidak berkembang biak sarang nyamuk di bekas galian, got, rawa, toren air, dengan membudayakan 3M Plus,” ujar Agus Gojali, Senin (01/02/2016).
Adapun kepanjangan dari 3M ini, yakni menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air. Sementara maksud dari ‘Plus’ adalah abatisasi, memelihara ikan pemakan nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela, serta ventilasi yang baik.
“Selain itu hindari menggantung pakaian, gunakan lotion anti nyamuk, ganti air vas bunga, intinya jangan sampai ada tempat air menggenang,” tambah Agus.
Menurut Agus, gerakan 3M Plus ini sangat efektif dalam mencegah mewabahnya DBD. Sebab, nyamuk memang menjadi vektor utama penyebaran penyakit ini.
Agus menuturkan bahwa nyamuk memang berkembang biak dengan sangat pesat di saat mulai musim hujan seperti sekarang ini. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh warga Depok untuk menerapkan program 3M Plus tersebut. (Nurul Hasanah/Diskominfo)