"Pertemuan KIM 2014"
depoknews.com | Dengan membaca basmallah, Walikota Depok membuka pertemuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Depok. Pertemuan yang diselenggarakan di aula lantai 5 Balaikota Depok, Kamis (21/08/14).

Acara tersebut mengusung tema “KIM sebagai media informasi yang efektif dalam mendukung proses pembangunan”, Acara yang dimotori oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kota Depok.

Kadiskominfo Kota Depok, Fitriawan menginformasikan bahwa dalam pertemuan ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu Hj. Nur Azizah Tamhid dan Rudi Malau.

“KIM mempunyai peran yang sangat strategis dalam pengelolaan informasi agar informasi tersebut berdaya guna dan berhasil guna. Tujuan pertemuan ini adalah untuk konsolidasi dan mengembangkan diri, sehingga KIM bisa lebih baik guna mendukung proses pembangunan yang efektif. Diharapkan para peserta nanti bisa berdiskusi secara langsung dengan para narasumber tentang bagaimana dan seperti apa KIM kedepannya” ujar Fitriawan.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il mengatakan bahwa KIM adalah lembaga swadaya masyarakat yang merupakan mitra pemerintah. KIM memiliki pergerakan 3 arah guna menyebarkan, mengilustrasikan, dan mendesiminasikan informasi.

Ketiga arah yang dimaksud adalah (1) dari anggota ke anggota (sesama anggota KIM), (2) dari KIM ke Pemerintah, (3) dari KIM kepada masyarakat. KIM harus pintar meramu kumpulan informasi yang didapat sehingga saat penyampaiannya bisa menghasilkan dampak yang positif. KIM juga harus peduli untuk menyampaikan dan mencari informasi.

“KIM juga harus tau proses penyampaian informasi, baik berupa laporan maupun usulan agar tidak salah dalam menyampaikan informasi. Sebagai mitra pemerintah, KIM yang berperan menyampaikan informasi/berita kepada sesama anggota, masyarakat, dan pemerintah, harus ada dokumentasinya. Informasi/berita yang disampaikan pun harus menjadi sumber inspirasi. KIM juga bisa menjadi kelompok pemasar produk-produk lokal dan kelompok kekuatan ekonomi” kata Walikota.
(muj/muj)